Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak Apa Saja Platform Trading Yang Terdaftar Di OJK

 


Berbisnis trading tentunya tidak boleh sembarangan karena trader wajib mencari platform trading yang terdaftar di OJK. Jika tidak, maka trader akan terjebak dalam investasi bodong. Kasus seperti ini bukan terjadi sekali atau dua kali saja di Indonesia. Korban investasi bodong juga mencapai ratusan orang. Tentunya hal ini sangat memprihatinkan.

Di era serba digital ini, sebenarnya tidak sulit menemukan platform trading yang legal serta berada di bawah naungan OJK serta BAPPEBTI.  Informasi banyak tersedia di internet, dimana para calon trader harus banyak menggali informasi. Yang tak kalah penting adalah waspada dengan tawaran trading dengan reward yang terlalu tinggi serta tidak masuk akal.

Platform Trading Yang Terdaftar Di OJK; Berikut Daftarnya

Berbisnis di bidang trading cukup menguntungkan bagi mereka yang tahu bagaimana memilih broker. Terlepas dari banyaknya platform,  pilihan terbaik adalah bergabung dengan platform yang terpercaya dengan legalitas resmi.  Beberapa platform tersebut adalah:

1.      IPOT

IPOT menjadi salah satu pilihan utama para trader. IPOT dikelola oleh Indo Premier Sekuritas yang memiliki fitur lengkap dan canggih. Fitur terbaik yang dimiliki adalah Robot Trading yang dapat membantu trader, baik pemula maupun profesional.  Robot trading dapat dimanfaatkan secara otomatis dalam menjalankan jual beli saham.

Fungsionalitas IPOT cukup banyak. Robot trading yang tersedia juga dapat dimanfaatkan untuk investasi reksa dana serta exchange traded fund (ETF).  Tentunya, keamanan bertransaksi adalah keunggulan utama  dari aplikasi ini.  Yang menarik adalah investasi ringan dimana calon trader hanya perlu memulai deposit sebesar Rp 100.000 saja.

Penggunaan IPOT juga sangat fleksibel. Trader dapat menggunakan smartphone, laptop berbasis Windows dan juga aplikasi web. Dengan demikian, IPOT menjadi pilihan terbaik bagi trader berbagai level.

2.      Neo HOTS

Mirae Asset Sekuritas meluncurkan Neo HOTS yang kini terbukti menjadi salah satu platform trading terbaik di Indonesia. Tentunya, platform ini telah terdaftar di OJK.   Bahkan, nilai transaksi Neo HOTS dianggap paling tinggi di tahun 2022 lalu menurut data statistik IDX.  Dengan volume mencapai lebih dari 1 triliun saham dan nilai transaksi mencapai hampir Rp 700 triliun, tidak berlebihan jika Neo HOTS dapat menjadi pilihan terbaik para trader.

Fee yang rendah dengan nilai deposit yang tak memberatkan juga menjadi salah satu alasan mengapa Neo HOTS sangat diminati. Trader hanya dikenakan 0,15% untuk fee beli serta 0,25% untuk fee jual. Para trader profesional yang ingin berinvestasi di saham-saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) memang perlu melakukan deposit Rp 10.000.000. Tetapi, pemula tidak perlu khawatir. Ada beberapa pilihan trading yang tidak memberatkan.

Neo HOTS dapat diakses dari berbagai perangkat. Platform Home Online Trading System atau HOTS dapat digunakan pada laptop atau PC. Sedangkan Neo HOTS Mobile Trading System dapat diakses melalui perangkat ponsel pintar melalui aplikasi yang diunduh dari Google PlayStore atau AppStore. Sejauh ini, instrument asset yang tersedia di platform ini hanyalah saham. Tidak mengherankan jika aplikasi ini memang diperuntukkan bagi trader yang hanya ingin meraih keuntungan dari bisnis trading saham.

3.      Ajaib

Tidak dapat dipungkiri bahwa  Ajaib memiliki popularitas yang cukup tinggi, terutama bagi kalangan millennial. Ajaib menjadi platform yang sangat direkomendasikan, terutama untuk pemula. Platform trading saham harian yang bernaung di bawah Ajaib Group ini merupakan platform reksa dana dan investasi saham.

Yang menarik dari Ajaib adalah tidak adanya deposit minimal. Tentunya, pemula sangat menyukai fitur ini.  Mereka dapat melakukan setoran uang yang mereka miliki tanpa harus khawatir tidak bisa berinvestasi atau menanam modal dalam bentuk saham. 

Platform Ajaib juga memberlakukan fee transaksi yang juga rendah. Fee transaksi beli adalah 0,15% dan fee transaksi jual adalah 0,25%. Fee tersebut berlaku untuk transaksi trading harian di bawah Rp 150 juta.  Semakin tinggi transaksi harian, semakin rendah biaya transaksi.

Penawaran tersebut tentu sangat menarik. Karena itulah, Ajaib kini memiliki pengguna yang lebih dari satu juta trader.  Jual beli saham pun dapat menarik para generasi muda yang ingin berinvestasi tanpa khawatir dengan risiko kehilangan banyak uang.

4.      MotionTrade

MNC Sekuritas menghadirkan platform MotionTrade yang juga cukup diminati generasi muda. Mereka hanya perlu mengeluarkan dana Rp 100 ribu untuk minimal deposit.  Fee transaksi beli dan juga sangat murah yaitu 0,18% dan 0,28%.  Calon trader dapat mengakses platform ini dari komputer, laptop ataupun ponsel pintar mereka.

Platform ini juga menghadirkan beberapa fitur canggih, terutama untuk pengguna smartphone. Salah satu fitur tersebut adalah Voice Command. Fitur ini memudahkan pengguna untuk memberi perintah suara dalam mengakses beberapa menu seperti input transaksi jual beli saham dan banyak lagi.

Motion Trade menjadi salah satu platform terfavorit karena user interface yang mudah. Pengguna juga dimudahkan dengan kehadiran MNC Research yang menghadirkan analisis saham harian secara rutin. Tim Riset MNC Sekuritas menyajikan kabar terbaru secara cepat dan akurat.

Fitur-fitur lainnya yang tak kalah canggih adalah Super Order untuk bertransaksi saham otomatis, Advanced Charting Tools yang menghadirkan bagan trading komprehensif serta indikator tercanggih dari Trendline,  MACD, Fibonacci dan RSI dan MACD.  Hadir pula fitur analisis saham canggih yaitu Trader View dimana pengguna mendapat informasi tentang Net Buy dan Net Sell atau jumlah permintaan dan penawaran harga saham.

Pendaftaran akun MotionTrade juga sangat mudah. Calon trader hanya perlu e-KTP dan foto selfie untuk mendaftar. Setelah proses KYC selesai, trader pun dapat mengakses platform ini dan mencoba bertransaksi.  Tidak adanya minimal deposit membuat aplikasi ini semakin banyak disuka.

5.      Bareksa

Investasi dalam bentuk reksa dana memang memiliki risiko yang tidak terlalu besar. Karena itulah, Bareksa hadir untuk mereka yang ingin mencobanya. Proses registrasi yang mudah serta tawaran berbagai produk reksa dana membuat trader dapat memilih secara fleksibel.

6.      Stockbit

Stockbit Sekuritas hadir dengan platform Stockbit yang memberi segala kemudahan bagi mereka yang gemar berkomunitas. Para trader dapat bergabung di Komunitas Online Stockbit yang sangat bermanfaat, terutama para pemula. Mereka dapat membaca review para trader profesional yang sering berbagi tips.

Yang tak kalah menarik adalah fee transaksi yang termurah dibandingkan lainnya. Fee transaksi beli adalah 0,10% sedangkan fee transaksi jual adalah 0,20%. Stockbit juga tidak menerapkan minimum deposit. Investasi saham pun semakin mudah.

Aman Transaksi Bebas Khawatir

Sebenarnya, masih ada beberapa platform trading yang terdaftar di OJK lainnya seperti RTI Business, Agrodana Futures, ForexTime FXTM dan sebagainya.  Trader bahkan dapat mencoba hampir semua platform trading jika memang mereka ingin mencoba berinvestasi dalam jumlah besar. Terlebih, semua platform tersebut juga aman dan memiliki sistem trading yang luar biasa canggih luar biasa.